Mengenal Cetakan Injeksi di Pabrik Plastik Injection

 In blog
pabrik plastik injection

Apa itu injection molding? atau cetakan injeksi adalah sebuah proses pembuatan barang-barang seperti pernak-pernik plastik dan mainan hingga bagian otomotif, caseponsel, botol air, dan wadah. Pada dasarnya, banyak bagian plastik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dicetak dengan injeksi. Proses pembuatan sejumlah besar komponen plastik yang identic ini dilakukan di dalam pabrik plastik injection

Cara Kerja Cetakan Injeksi pada Umumnya

Mesin injeksi terdiri dari tiga komponen utama – hopper umpan, sekrup dan laras yang dipanaskan. Butiran plastik untuk bagian dimasukkan ke dalam tong yang dipanaskan oleh hopper. Plastik yang ditempatkan di hopper biasanya dalam bentuk bubuk atau butiran meskipun beberapa resin, misalnya karet silikon, bisa saja berupa cairan dan mungkin tidak memerlukan pemanasan.

Bahan-bahan tersebut kemudian dilebur menggunakan aksi gesekan dari sekrup bolak-balik disertai dengan pita pemanas. Plastik yang sudah cair kemudian disuntikkan melalui nozzle dan ke dalam rongga cetakan.

Di dalam rongga cetakan, bahan mendingin dan membeku mengikuti konfigurasi rongga. Ketika bagian tersebut telah mengeras, pelat yang dapat dipindahkan yang dipasang oleh tempat cetakan terbuka dan bagian tersebut dikeluarkan dengan menggunakan pin ejector.

Ukuran mesin cetak injeksi di pabrik plastik injection dapat beroperasi dari 5 ton gaya penjepit hingga lebih dari 6000. Semakin tinggi tonase, semakin besar mesin. Bahkan, mesin cetak injeksi diklasifikasikan berdasarkan tonase, atau lebih tepatnya gaya penjepit atau tekanan.

Faktor lain dalam menentukan ukuran mesin yang benar adalah ukuran bidikan dan dimensi cetakan.

Fungsi utama unit penjepit adalah untuk menutup dan membuka cetakan serta mengeluarkan bagian-bagiannya. Dua jenis klem yang paling umum adalah klem sakelar dan klem hidrolik. Toggle clamps dilalui oleh silinder hidrolik. Klem ini menggunakan koneksi mekanis untuk menghasilkan gaya yang lebih besar daripada silinder hidrolik dengan ukuran yang sama yang menggunakan koneksi langsung.

Kelebihan Cetakan Injeksi

Berikut adalah 5 keuntungan utama menggunakan cetakan injeksi untuk pembuatan komponen dan komponen plastik.

Fitur Rinci dan Kompleks Geometri

Cetakan injeksi menjalankan proses tekanan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, plastik di dalam cetakan ditekan lebih keras jika dibandingkan dengan proses pencetakan lainnya. Karena tekanan yang sangat tinggi ini, Anda dapat menambahkan sejumlah besar detail ke dalam desain bagian. Bentuk produk yang rumit pun dapat dengan mudah dirancang dan diproduksi.

Efisiensi Tinggi

Setelah cetakan injeksi dirancang sesuai dengan spesifikasi pelanggan dan cetakan yang diprogram sebelumnya, proses pencetakan yang sebenarnya sangat cepat dibandingkan dengan metode pencetakan lainnya. Tingkat output produksi yang tinggi membuat cetakan injeksi plastik lebih hemat dan efisien.

Penggunaan Berbagai Jenis Plastik Secara Bersamaan

Salah satu keuntungan utama menggunakan cetakan injeksi plastik untuk pembuatan komponen adalah kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis plastik secara bersamaan. Ini dapat dilakukan dengan bantuan cetakan injeksi bersama, yang menghilangkan kekhawatiran tentang penggunaan jenis plastik tertentu.

Keuntungan utama dari cetakan injeksi adalah kemampuan untuk skala produksi secara massal. Selain itu, cetakan injeksi menghasilkan lebih sedikit sisa kepingan plastik terhadap proses manufaktur tradisional seperti permesinan CNC yang memotong persentase besar dari blok atau lembaran plastik asli.

Otomatisasi untuk Menghemat Biaya Produksi

Cetakan injeksi plastik adalah proses otomatis. Sebagian besar proses pencetakan injeksi dilakukan oleh mesin dan robotika yang dapat dikendalikan dan dikelola oleh operator. Otomasi ini membantu mengurangi biaya produksi karena berkurangnya tenaga kerja juga.

Lebih jauh lagi, otomatisasi memungkinkan untuk membuat cetakan injeksi yang tepat dan akurat. Computer aided design (CAD) dan computer aided manufacturing (CAM) memungkinkan toleransi yang dekat selama pembuatan cetakan.

Inilah kenapa cetakan injeksi bisa dilakukan secara berulang. Artinya, bagian kedua yang Anda hasilkan akan secara praktis identik dengan yang pertama, begitu juga seterusnya. Ini adalah karakteristik yang luar biasa ketika mencoba menghasilkan konsistensi merek dan keandalan bagian dalam produksi volume tinggi di pabrik plastik injection.

Mempersiapkan Desain Cetakan

Mendapatkan desain yang benar meliputi:

  • Merancang dan kemudian membuat prototipe bagian itu sendiri sesuai spesifikasi
  • Pengembangan prototipe awal biasanya diselesaikan pada printer 3D dan seringkali dalam bahan yang berbeda (seperti plastik ABS) daripada produk akhir yang akan dibentuk
  • Merancang alat cetakan injeksi untuk putaran produksi awal
  • Biasanya untuk menghasilkan 300-1000 prototipe cetakan injeksi dalam bahan produksi membutuhkan pengembangan alat cetakan injeksi.
  • Memperbaiki setiap dan semua rincian yang dibutuhkan dalam alat cetakan injeksi sebelum produksi massal di pabrik plastik injection.

Beberapa Pertimbangan untuk Cetakan Injeksi

Sebelum Anda berusaha menghasilkan produk melalui cetakan injeksi, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Pertimbangan Keuangan

Biaya Masuk: Mempersiapkan produk untuk pembuatan cetakan injeksi membutuhkan investasi awal yang besar. Pastikan Anda memahami poin penting ini di muka.

Kuantitas produksi

Tentukan jumlah produk yang diproduksi di mana cetakan injeksi menjadi metode pembuatan yang paling efektif dari segi biaya.

Tentukan juga jumlah bagian yang diproduksi di mana Anda berharap untuk mencapai titik impas pada investasi Anda (pertimbangkan biaya desain, pengujian, produksi, perakitan, pemasaran, dan distribusi serta titik harga yang diharapkan untuk penjualan).

Pertimbangan Desain

Bagian Desain: Anda ingin merancang produk dari hari pertama dengan memikirkan si cetakan injeksi dalam pikiran Anda. Penyederhanaan geometri dan meminimalkan jumlah bagian awal akan mempermudah proses cetakan injeksi kemudian.

Desain Alat: Pastikan untuk merancang alat cetakan serinci mungkin untuk mencegah cacat selama produksi.

Pertimbangan Produksi

Waktu Siklus: Minimalkan waktu siklus sebanyak mungkin. Menggunakan mesin dengan teknologi hot runner akan sama membantunya dengan menggunakan perkakas yang telah dipikirkan dengan matang. Perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dan memotong beberapa detik dari waktu siklus Anda menjadi sebuah penghematan besar ketika Anda menghasilkan jutaan produk.

Penggabungan: Desain bagian Anda sedemikian rupa untuk meminimalkan tahapan perakitan komponen agar menjadi lebih cepat dan sederhana selama proses pencetakan injeksi. Sejauh Anda melakukan ini, Anda akan menghemat uang yang signifikan untuk biaya tenaga kerja di aspek ini.

Kesimpulan

Cetakan injeksi adalah sebuah teknologi hebat di pabrik plastik injection untuk produksi produk akhir dalam skala besar. Ini juga berguna untuk prototipe final yang digunakan untuk pengujian konsumen dan/atau produk. Namun, sebelum tahap akhir dalam produksi ini, pencetakan 3D jauh lebih terjangkau dan fleksibel untuk produk pada tahap awal desain.

Ada banyak lagi dasar-dasar dan ilmu pengetahuan tentang teknologi cetakan injeksi yang bisa dibahas dalam posting blog Dinamika Polimerindo berikutnya.

PT Dinamika Polimerindo adalah perusahaan injeksi plastik dan bengkel cetak yang tumbuh pesat di Tangerang, Indonesia. Kami menawarkan layanan cetak injeksi komponen plastik mulai dari komponen plastik desain 3D, pembuatan cetakan, komponen cetakan injeksi plastik dan perakitan komponen plastik.

Kami telah menjaga kemitraan yang kuat dengan beberapa korporasi terbesar di Indonesia sebagai pemasok bagian komponen otomotif, bagian makanan dan minuman, bagian konsumen yang baik, bagian agribisnis serta produk elektronik dan kabel sejak tahun 1996.





Contact Us

Send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.